Cara Menimbang Tokek

Tokek adalah hewan yang sangat mudah stres. Makanya, dia suka hidup di tempat sunyi dan gelap. Ada sedikit suara gaduh, dia langsung bereaksi. Makanya, untuk memelihara tokek, kesunyian tempat sekitar kandang harus diperhatikan. Jika tidak, maka tokek pasti susah besar.
Nah, untuk itu, jika Anda akan menimbang tokek untuk dijual, harus benar-benar berhati-hati. Jika tidak, maka berat tokek akan merosot drastis, dan ujung-ujungnya, Anda akan kehilangan banyak uang karena tokek dibeli berdasarkan berat badannya.

Tiap orang punya cara berbeda dalam menimbang tokek. Namun sangat tidak disarankan menimbang tokek dengan cara memegang badannya dengan tangan langsung. Kalau itu terjadi, dipastikan berat tokek akan menyusut tajam, dan bahkan dia bisa stress. Ujung-ujungnya, dia tak mau makan beberapa hari. Sialnya, lagi, dia akan mati

Nah, berikut cara paling mudah menimbang tokek:

1. Timbanglah kotak atau tempat tokek akan diletakkan atau dibawa ke tempat buyer. Catat berat kotak kosong itu.Suruh buyer menyaksikan prosesnya.
2. Tangkap tokek menggunakan sarung tangan. (sangat tidak disarankan menangkap tokek menggunakan tangan kosong.
3. Masukkan tokek kedalam kotak atau tempat itu. Lalu catat berapa beratnya.
4. Lalu kurangi berat kotak ketika ada tokek di dalamnya dengan berat kotak tanpa tokek. Hasil selisihnya adalah berat tokek.
Jika tokek akan dibawa ke tempat buyer, pastikan kotak itu cukup ventilasi udaranya. Berikan pula makanan tokek secukupnya. Makanan bisa berupa jangkrik atau makanan kesukaan tokek lainnya.
Beberapa orang memasukkan beberapa butir kacang hijau ke kotak tokek. Tapi saya pesimis itu bisa berhasil. Saya sudah beberapa lama memelihara tokek, tapi dia hanya mau makan dari makanan yang hidup seperti jangkrik. Saya juga pernah memberi makan telur rebus. Kata orang biar cepat gede. Tapi tokek saya ndak mau mengendus sedikitpun, dan celakanya telur itu malah dimakan semut.

Sumber artikel :
http://tokekbatu.wordpress.com/2009/12/18/cara-menimbang-tokek/

0 komentar:

Posting Komentar